Balangan Raih Juara Tiga Pawai Budaya FWBPT 2023

“Pada lomba Pawai Budaya, Disporapar Balangan menampilkan ciri khas daerah berupa rumah produksi olahan gula habang atau gula aren khas dari Kecamatan Lampihong”

Silahkan Bagikan / Share :
Kabid Promosi, Disporapar Balangan, Tri Joko menerima tropi dan hadiah atas keberhasilan meraih juara tiga lomba Pawai Budaya FWBPT 2023 (foto: TABIRkota/ratnasari)

PARINGIN (TABIRkota) – Kabupaten Balangan berhasil meraih juara tiga lomba Pawai Budaya pada event Festival WIsata Budaya Pasar Terapung (FWBPT) 2023 yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Ahad (13/8) lalu.

Menurut Kepala Bidang Promosi, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balangan, Tri Joko, pada lomba Pawai Budaya itu pihaknya menampilkan ciri khas daerah.

“Kita menampilkan rumah produksi olahan gula habang (gula merah, red) khas dari Kecamatan Lampihong,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa (15/8).

Penampilan tersebut, katanya, sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal dan menjaga warisan budaya daerah.

“Event FWBPT merupakan momentum yang tepat mengenalkan potensi daerah, sekaligus upaya pelestarian warisan budaya,” katanya.

Ia menambahkan, selain rumah produksi olahan gula habang, pada event FWBPT 2023 Pemkab Balangan melalui Disporapar juga mengenalkan potensi wisata air terjun Batarius.

“Air terjun Batarius merupakan potensi wisata di Balangan yang saat ini menjadi fokus pengembangan,” tambahnya.

FWBPT 2023 dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-73 Kalsel dengan menampilkan berbagai atraksi, antara lain Kampung Banjar, Pawai Budaya, Karnaval Busana, Jukung Hias, Kelotok Hias, Balap Jukung serta pameran aneka produk UMKM.

FWBPT 2023 kali ini berbeda dari pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya karena menghadirkan delegasi perwakilan empat negara sahabat, yaitu dari Romania, Taiwan, Korea Selatan dan Turki. (ra)

Silahkan Bagikan / Share :

Pewarta: Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemko Banjarbaru Buka Penerimaan 360 Formasi PPPK

Sel Agu 15 , 2023
“360 formasi yang diberikan KemenPAN RB untuk Banjarbaru terdiri dari guru sebanyak 201 orang, 113 tenaga kesehatan dan 46 tenaga teknis”

You May Like