Luncurkan Sensus Inventaris BMD, Bupati Balangan Minta SKPD Optimalkan Pendataan Aset

“BMD adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau perolehan lainnya yang sah”

Silahkan Bagikan / Share :
Bupati Balangan, H Abdul Hadi pada peluncuran sensus inventaris BMD (foto: TABIRkota/ratnasari)

PARINGIN (TABIRkota) – Bupati Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), H Abdul Hadi minta Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar mampu mengoptimalkan pendataan aset, mulai dari letak dan penggunaannya untuk apa.

Hal tersebut disampaikan H Abdul Hadi pada acara peluncuran Sensus Inventaris Barang Milik Daerah (BMD) yang dilaksanakan di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati setempat, Selasa (11/7).

Menurutnya, BMD adalah semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) atau perolehan lainnya yang sah.

“Sedang pengelola barang adalah pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab melakukan koordinasi pengelolaan barang milik daerah,” ujarnya.

Sensus BMD, katanya, bertujuan untuk menyediakan data BMD secara baik dalam upaya mewujudkan tertib administrasi dan tertib fisik serta mempermudah pelaksanaan pengelolaan BMD.

“Masalah aset merupakan hal yang penting dalam rangka tata pengelolaan aset daerah dan salah satu metode untuk meningkatkan pencatatan agar dapat terdata secara baik,” katanya.

Ia menambahkan, semakin banyak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melakukan penyetoran modal, maka semakin banyak pula mendapatkan CSR-nya.

“Yang nantinya akan dirundingkan dengan Bank Kalsel dan akan diarahkan untuk membantu UMKM serta keluarga miskin di Balangan,” tambahnya.

Aset daerah harus benar-benar terprogram dengan baik dan datanya harus tersaji secara efektif meskipun nantinya ada pergantian kepala daerah. (ra)

Silahkan Bagikan / Share :

Pewarta: Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kodim 1002/HST dan Yonif 621/Mtg Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Sel Jul 11 , 2023
"Darah yang telah disumbangkan, diharapkan dapat bermanfaaat untuk pasien memerlukan transfusi darah dan membawa berkah bagi semua"

You May Like