Dekranasda HST Bekali Nanang Galuh Pengetahuan tentang Ecoprint

“Ecoprint adalah teknik cetak dan pewarnaan kain menggunakan bahan alam ramah lingkungan dengan pengerjaan yang sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik serta otentik”

Silahkan Bagikan / Share :
Ketua Dekranasda HST bersama nara sumber dari Dhia Hand Made memperagakan pewarnaan dan pencetakan kain menggunakan teknik Ecoprint kepada para finalis Nanang Galuh (foto: TABIRkota/ferian sadikin)

BARABAI (TABIRKota) – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) membekali para finalis Nanang Galuh setempat pengetahuan tentang Ecoprint.

Pembekalan diberikan Ketua Dekranasda HST, Cheri Bayuni Budjang bersama pemateri dari Dhia Hand Made pada hari terakhir tahapan Karantina Terbuka Nanang Galuh di Gedung Balai Rakyat, Barabai, Minggu (11/6).

Menurut Cheri Bayuni Budjang, Nanang Galuh merupakan duta budaya sekaligus public pigure yang muda, cerdas dan berbudaya.

“Karena itu penting bagi para finalis Nanang Galuh harus memiliki pengetahuan yang lebih dari anak muda lainnya,” ujarnya.

Ecoprint adalah teknik cetak dan pewarnaan kain menggunakan bahan alam ramah lingkungan dengan pengerjaan yang sederhana namun dapat menghasilkan motif yang unik serta otentik.

Pembuatannya dilakukan melalui kontak langsung antara bahan alam seperti daun, bunga, batang, akar atau bagian tanaman lainnya yang mengandung pigmen warna dengan media kain tertentu.

Terdapat dua metode dalam pembuatan motif menggunakan teknik Ecoprint, yaitu metode Iron Blanket dan Metode Pounding.

Cheri Bayuni Budjang mengatakan, Nanang Galuh harus memiliki semangat dan selalu siap menghadapi tantangan.

“Di HST khususnya, tantangan yang akan dihadapi Nanang Galuh sebagai Duta Budaya, termasuk beragam, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya,” katanya.

Diharapkan, Nanang Galuh HST 2023 nantinya dapat turut membantu mewujudkan visi misi Bupati setempat untuk menjadikan HST sebagai kabupaten yang Makmur, Unggul dan Dinamis (MUDA). (ra)

Silahkan Bagikan / Share :

Pewarta: M Ferian Sadikin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Pemko Banjarmasin akan Sekolahkan Para Guru ke Inggris

Sen Jun 12 , 2023
"Investasi pendidikan dengan Cambridge University Press and Assesment tersebut diharapkan dapat menghasilkan SDM bidang pendidikan yang unggul agar dapat membawa putra putri Banua bersaing di kancah internasional"

You May Like