Evakuasi Korban Alfamart Ambruk di Gambut, Basarnas Banjarmasin Turunkan Dua Tim Rescue

“Dalam upaya evakuasi, Basarnas Banjarmasin menyiapkan satu set emergency lighting dan jenis lampu penerangan lainnya”

Silahkan Bagikan / Share :
Para relawan terus mengupayakan evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan gedung Alfamart di Gambut (foto: TABIRkota/hms-sar-bjm)

GAMBUT (TABIRkota) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin menurunkan dua tim rescue yang berjumlah 18 orang untuk melakukan evakuasi korban bangunan Alfamart di Kecamatan Gambut Km 14, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tiba-tiba ambruk, Senin (18/4) sekitar pukul 17.15 Wita.

Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad melalui Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga, Wasino mengatakan, diperkirakan belasan korban masih tertimbun reruntuhan.

“Jumlah korban seluruhnya belum bisa dipastikan, diperkirakan masih belasan orang yang tertimbun,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi TABIRkota.com, Senin (18/4) pukul 22.45 Wita.

Bangunan Alfamart tiga lantai yang ambruk tersebut terjadi pada koordinat 03 24’ 14.51” S – 114 40’ 05.57” E.

Dalam upaya evakuasi, ujarnya, Basarnas Banjarmasin menyiapkan satu set emergency lighting dan jenis lampu penerangan lainnya.

“Kami juga mempergunakan peralatan penunjang lainnya seperti Search Cam, Thermal, Rescue Radar dan Life Detector untuk membantu tim rescue yang berada dilokasi,” katanya.

Kondisi di lokasi, tambahnya, sangat ramai karena banyak warga yang ingin menyaksikan langsung proses evakuasi.

“Kondisi tersebut menjadi kendala tersendiri dalam proses evakuasi karena selain padatnya warga, jalan di depan lokasi mengalami kemacetan yang sangat panjang,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Banjarmasin, Al Amrad menambahkan, bangunan Alfamart yang ambruk tersebut diperkirakan memiliki ketinggian 12 meter.

“Informasi yang kami terima, karyawan ritel tersebut sedang melakukan proses transaksi dengan pembeli sambil menunggu waktu ganti jaga shift,” tambahnya.

Diperkirakan, sedikitnya tujuh karyawan Alfamart menjadi korban pada peristiwa tersebut. (ra/hms-sar-bjm)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Japelidi dan MyAmerica Gelar Pelatihan Literasi Digital di Banjar dan Tanah Laut

Sel Apr 19 , 2022
"Pelatihan diadakan secara online, dan diikuti 59 siswa/siswi SMA Negeri Karang Intan, dan 47 siswa/siswi SMA Negeri 1 Bati Bati."

You May Like