KPU Tabalong Gelar Rakor Bahas DPB Periode Maret dan Triwulan I

“Pemutakhiran data bertujuan untuk memelihara dan memperbaharui serta mengevaluasi data secara terus menerus yang digunakan untuk penyusunan DPT pemilu dan pemilihan”

Silahkan Bagikan / Share :

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah saat rakor pembahasan DPB (foto; TABIRkota/saadilah)

TANJUNG (TABIRkota) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) membahas Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Maret dan Triwulan I tahun 2022.

Rakor dilaksanakan di Gedung Informasi di Kecamatan Tanjung, Selasa (5/4/2022).

Menurut Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, pemutakhiran DPB  adalah amanah Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 pasal 204 yang menyebutkan bahwa KPU kabupaten atau kota berkewajiban melakukan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan.

“Pemuktahiran data dengan tiga kategori yaitu pertama, Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seperti misalnya meninggal dunia, dicabut hak pilihnya serta perubahan status masyarakat biasa menjadi anggota TNI atau Polri,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, katanya, update data berupa adanya perubahan alamat tempat tinggal dan status identitas diri.

“Sedangkan yang ketiga terkait dengan pemilih baru atau pemilih pemula,” katanya.

Pemilih baru adalah misal seseorang yang melakukan perpindahan sehingga pada saat pemilu akan datang belum terdaftar ke Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pemutakhiran data, tambahnya, bertujuan untuk memelihara dan memperbaharui serta mengevaluasi data secara terus menerus yang digunakan untuk penyusunan DPT pemilu dan pemilihan.

“Kita akan melaksanakan, Insyaallah kalau tidak ada perubahan, pada 14 Febuari 2024 mendatang,” tambahnya.

KPU Tabalong sendiri melakukan analisa internal terkait penerimaan dan sinkronisasi setiap data yang masuk ke KPU, baik dari penerimaan ataupun pemberian.

Juga dilakukan verifikasi ke Disdukcapil dan jika data tersebut memenuhi syarat, akan di input atau di upload sehingga mendapat hak pilih. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditanam sejak 2018, Ratusan Pohon Pasak Bumi di Muara Uya Tumbuh Subur

Sel Apr 5 , 2022
"Perusahaan tambang batubara PT Adaro Indonesia, pada 2018 memberikan 475 batang bibit pasak bumi untuk ditanam di areal kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan Kabupaten Tabalong"

You May Like