Pemkab HSS Akan Tambah Jumlah Desa Proklim

“Bupati meminta agar generasi muda ikut berperan dan dilibatkan dalam program kampung iklim sehingga bisa menjadi motor penggerak untuk mengajak masyarakat”

Silahkan Bagikan / Share :
Bupati HSS H Achmad Fikry saat memberikan sambutan pada acara Bimbingan Teknis Program Kampung Iklim Tingkat Kabupaten tahun 2022 (foto: TABIRkota/kominfo hss)

KANDANGAN (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) berkomitmen akan terus menggerakkan dan menambah jumlah desa yang melaksanakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Hal tersebut disampaikan Bupati HSS, H Achmad Fikry saat membuka Bimbingan Teknis Program Kampung Iklim Tingkat Kabupaten tahun 2022 di aula Kantor Kecamatan Kandangan, Rabu (23/3).

Menurutnya, desa-desa yang sudah mendapatkan sertifikat Proklim agar terus dipertahankan.

“Tidak sekedar hanya mendapatkan sertifikat, tetapi harus berkesinambungan menjadikan desanya sebagai Kampung Iklim,” ujarnya.

Dalam hal ini, katanya, peran masyarakat untuk mewujudkan kampung iklim sangat penting.

“Pemerintah hanya pada posisi memberikan fasilitasi dan edukasi, selebihnya ada di tangan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, dalam program Proklim akan ada penilaian sehingga harus ada prestasi yang dicapai.

“Namun perlu diingat, bahwa prestasi bukan tujuan utamanya, melainkan agar program kampung iklim ini bisa dilaksanakan dan manfaatnya benar-benar bisa dirasakan masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati meminta agar generasi muda ikut berperan dan dilibatkan dalam program kampung iklim sehingga bisa menjadi motor penggerak untuk mengajak masyarakat.

Di HSS sendiri, terdapat lima desa yang telah meraih sertifikat Proklim Utama pada 2021 lalu, masing-masing Desa Tambak Bitin, Padang Batung, Lungau, Tibung Raya dan Pakuan Timur. (aca)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Tabalong Minta Baznas Gencarkan Sosialisasi Kewajiban Zakat

Rab Mar 23 , 2022
"Basnaz satu-satunya lembaga yang dibentuk pemerintah untuk mengelola zakat"

You May Like