Wakili Kalsel di Kejurnas, Karateka Balangan Berharap Dukungan Pemerintah

“Di luar dugaan, ada lebih dari tiga karateka Banua Sanggam yang berhasil lolos”

Silahkan Bagikan / Share :
Karateka ASKI (Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia) Kabupaten Balangan. (Foto: Muhammad Rifki)

PARINGIN (TABIRkota) – Beberapa karateka dari ASKI (Akademi Seni Beladiri Karate Indonesia) Kabupaten Balangan dijadwalkan turut memperkuat kontingen Kalimantan Selatan, pada ajang Kejurnas (Kejuaraan Nasional) yang akan berlangsung di Jakarta, dalam waktu dekat.

Jumlah karateka Balangan yang berhasil lolos ke babak grand final Kejurnas Karate di Jakarta itu, di luar dugaan mampu melampaui target yang ditetapkan.

Muhammad Rifki, pelatih karate ASKI Kabupaten Balangan, mengatakan, persiapan yang dilakukan oleh anak-anak didiknya telah dimulai sejak September 2021.

“Kami sudah perkirakan bahwa di awal 2022 akan ada Kejurnas. Maka persiapan yang matang pun kami lakukan. Latihan dua kali sehari, pagi dan sore”, ungkap Muhammad Rifki, dikutip dari Media Center Balangan, kemarin.

Mengingat ketatnya kompetisi, ASKI Balangan sebenarnya hanya menargetkan 3 (tiga) karateka yang bisa menembus babak grand final di Jakarta.

Di luar dugaan, ada lebih dari tiga karateka Banua Sanggam yang berhasil lolos.

“Tentu saja kami mengharapkan dukungan dari daerah. Dari KONI, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, sebab memang ini akan berhubungan dengan pendanaan. Untuk lima atau enam atlet, tentu lumayan besar dana yang dibutuhkan”, tutur Muhammad Rifki.

Muhammad Yusi, salah satu karateka Balangan, mengatakan, lawan-lawan yang akan dihadapi di pertandingan selanjutnya bukanlah ringan.

“Kami memang selama ini berlatih dua sampai tiga kali sehari. Tapi tetap saja harus kerja ekstra keras, karena lawan-lawan nanti banyak dari level atas”, ungkap Muhammad Yusi, yang menargetkan minimal medali perunggu di Kejurnas nanti.

Beberapa karateka Balangan itu bakal berlaga di Kejurnas di Jakarta, setelah melewati ajang Pra-Kejurnas ASKI Zona 3 Kalimantan.

Pra-Kejurnas berlangsung di Arena Beladiri BHM Teluk Tiram, Kota Banjarmasin, Kamis dan Jumat (3-4/3/2022).

Even ini diikuti sebanyak 200 karateka dari lima provinsi di Pulau Kalimantan.

H Rusli, Ketua Panitia Pra-Kejurnas ASKI Zona 3 Kalimantan, mengatakan, ajang tersebut mempertandingkan kategori kumite yang meliputi kelompok-kelompok Usia Dini, Pra Pemula, Pemula, Kadet, Junior, U-21 dan Senior.

Sedangkan kategori kata (peragaan jurus) dipertandingkan secara virtual, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi.

Secara nasional, Pra-Kejurnas ASKI 2022 terbagi menjadi 4 (empat) zona, meliputi Zona 1 Sumatera, Zona 2 Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, Zona 3 Kalimantan, dan Zona 4 Sulawesi, Maluku dan Papua. (sah)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banjarmasin dan Muara Teweh, 1877-1880 (Bagian Kedua)

Sel Mar 8 , 2022
"Rawa-rawa yang luas membatasi kota di bagian utara dan selatan. Di sebelah timur, ada kanal Kween (Kuin), yang merupakan wilayah hunian yang terletak di sisi kanan sungai Martapura"

You May Like