Pemkab Tabalong Rencanakan Relokasi Warga Terdampak Longsor di Belimbing Raya

“kawasan pemukiman warga di bantaran sungai Tabalong di Kelurahan Belimbing Raya sulit untuk dipertahankan”

Silahkan Bagikan / Share :
Kawasan pemukiman di bantaran sungai Tabalong di Kelurahan Belimbing Raya dipandang sulit dipertahankan karena rawan bencana longsor sehingga Pemkab Tabalong mengkaji kemungkinan untuk merelokasi warga setempat (foto: TABIRkota/saadilah)

TANJUNG (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) merencanakan untuk merelokasi pemukiman warga terdampak longsor di Kelurahan Belimbing Raya RT 3, Kecamatan Murung Pudak.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani saat meninjau rumah warga terdampak longsor di Kelurahan Belimbing Raya, Jum’at (28/1).

Menurut Bupati, langkah relokasi merupakan upaya penangangan jangka panjang.

“Saya sudah minta saran serta pertimbangan Kapolres dan Dandim, sementara kita sepakati untuk rencana relokasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemkab Tabalong mencarikan solusi bagi korban longsor untuk penanganan jangka pendek dan panjang.

“Untuk jangka pendek, penanganan yang akan dilakukan adalah menumbuhkan rasa aman para pemilik rumah dilokasi rawan longsor,” katanya.

Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabalong akan merehab rumah-rumah warga yang rusak akibat longsor sebagai salah satu bentuk penanganan jangka pendek.

Hal terpenting juga pada upaya penanganan jangka pendek adalah mengkoordinasikan dengan Dinas PUPR Tabalong agar dapat dibangun semacam penahan air agar arus sungai tidak mengarah langsung ke rumah warga.

Ia menambahkan, kawasan pemukiman warga di bantaran sungai Tabalong di Kelurahan Belimbing Raya sulit untuk dipertahankan.

“Namun untuk upaya relokasi, perlu perencanaan seperti mencarikan lokasi dan pengusulan pembangunan rumah susun,” tambahnya.

Karena itulah, langkah relokasi merupakan rencana jangka panjang yang membutuhkan persiapan matang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengingatkan warga agar selalu waspada terhadap kemungkinan peristiwa serupa terulang lagi. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tapin to Prepare for Urine Drug Screen to Civil Servants

Jum Jan 28 , 2022
"If any civil servants tested positive for illicit drugs use, then the government of Tapin Regency will first provide recovery and rehabilitation for them"

You May Like