Pemkab Tabalong Prioritaskan Pembangunan Jaringan Listrik Tiga Desa di Bintang Ara

Tiga Desa di Kecamtan Bintang Ara akan menjadi prioritas pembangunan jaringan listrik oleh Pemkab Tabalong (foto: TABIRkota/saadilah)

TANJUNG (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memprioritaskan pembangunan jaringan listrik di tiga desa di Kecamatan Bintang Ara, ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat, Hj Hamida Munawarah.

Menurutnya, PT PLN rencananya akan membangun jalur listrik di dua kecamatan, masing-masing Bintang Ara dan Muara Uya.

“Namun yang menjadi prioritas kita adalah tiga desa di Bintang Ara, tepatnya di Desa Pana’an, Dambung Raya dan Hegar Manah,” ujarnya saat kegiatan Ekspose Rencana Pembangunan Jaringan Listrik Pedesaan Kabupaten Tabalong Tahun 2022 di Pendopo Bersinar Tanjung, Senin (17/1).

Dinas Perkim Tabalong, katanya, telah berkoordinasi dengan Unit Layanan Pelanggan (ULP) PT PLN Tanjung terkait wacana Program Pembangunan Listrik Desa di kawasan hutan yang belum memiliki listrik.

“Tim sudah melakukan survei jalur rencana jalan yang akan dibangun serta rencana jalur pembangunan PLN yang disatukan dengan data Ijin Pinjam Pakai Enclave PU Tahun 2016, TORA dan Kawasan Hutan Tahun 2019,” katanya.

Rencana jalur pembangunan yang tidak terfasilitasi ijin Enclave 2016 dan TORA, akan dilengkapi dengan revisi tata ruang pelepasan kawasan hutan yang telah diusulkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional (RTRW) Kalsel ke Dinas PUPR Provinsi, dimana saat ini masih dalam proses.

Dalam hal ini, Pemkab Tabalong akan mendukung proses pinjam pakai kawasan hutan dengan pola dan bentuk perjanjian kerja sama untuk menggunakan kawasan hutan oleh BUMN (PT PLN, red) kepada Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel.

Kendala bagi pihak PT PLN, tambahnya, adalah proses mobilisasi bahan dan material saat musim penghujan seperti sekarang ini yang menjadi tantangan berat karena kondisi jalan berlumpur.

“Jadi mobilisasi pengangkutan material ke lokasi tempat pembangunan jaringan listrik tentu akan mengalami kesulitan,” tambahnya.

Kepada warga diharapkan agar memberikan dukungan dan tidak keberatan apabila pemasangan tiang listrik dilakukan di tanah hak milik. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kesementaraan Nan Indah

Sen Jan 17 , 2022
Penulis : Kadarisman HIDUP adalah tempat di mana keindahan juga hidup. Tak ada hidup sesuatu yang indah tanpa karunia dan kebesaran Tuhan. Dunia menjadi tempat karunia Tuhan. Karunia Nya tidak terbilang. Nikmatnya tak bisa dihitung. Kalaulah hendak dihitung, niscaya tak terhitung. Begitu melimpahnya nikmat Tuhan. Masih adakah alasan jika hidup […]

You May Like