Polres HSS Tangkap Oknum Pemuka Agama Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur

(foto: ilustrasi/net)

KANDANGAN (TABIRkota) – SA (45) atau biasa dipanggil Guru SA, warga Desa Telaga Sili-Sili, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), oknum pemuka agama yang melakukan pencabulan anak dibawah umur, akhirnya ditangkap jajaran Satreskrim Polres setempat.

Kapolres HSS, AKBP AKBP Sugeng Priyanto melalui Kasi Humas Polres setempat, Iptu Purwadi mengatakan, SA ditangkap pada Senin (10/1) lalu.

“Pelaku awalnya diperiksa sebagai saksi, namun karena dua alat bukti telah terpenuhi, status yang bersangkutan naik menjadi tersangka,” katanya di Kandangan, ibu kota HSS, Jum’at (14/1).

Menurutnya, pelaku diamankan atas laporan korban, JU (14) yang tidak terima karena telah dilecehkan dengan digerayangi pada tubuh bagian atas.

“Proses penangkapan pelaku dilakukan dengan kondisi aman terkendali dan yang bersangkutan juga telah mengakui semua perbuatannya,” ujarnya.

Tindak pidana pencabulan terjadi pada November 2021 lalu di Desa Telaga Sili-Sili saat korban menjalani pengobatan dengan cara di ruqyah oleh pelaku sekitar pukul 14.00 Wita.

Selesai ruqyah, pelaku kemudian membawa korban ke kamar mandi untuk dimandikan.

Saat proses mandi-mandi itulah, tubuh bagian atas korban digosok-gosok pelaku.

Korban yang bagian sensitifnya digosok-gosok pelaku, merasa terkejut namun saat itu tidak kuasa melawan.

Saat penangkapan pelaku, petugas juga mengamankan barang bukti satu lembar baju warna biru, satu lembar rok warna hitam, satu buah ember warna hitam, satu bangku plastic warna abu-abu, satu gayung warna hijau bergambar kelinci merah muda serta satu lembar sarung bermotif warna hitam.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan sanksi pidana dengan berlapis, sebagaimana diatur dalam pasal 82 ayat 1 jo pasal 76E UU nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. (wan)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cakupan Vaksinasi Umum di Banjarbaru Tertinggi se-Kalsel

Sab Jan 15 , 2022
BANJARBARU (TABIRkota) – Cakupan vaksinasi umum Covid 19 pada usia 12 tahun keatas di Kota Banjarbaru, tercatat merupakan yang tertinggi se-kabupaten/kota di Kalimantan Selatan (Kalsel). Epidemiolog Kesehatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarbaru, Edi Sampana mengatakan, Banjarbaru berhasil menduduki posisi teratas cakupan vaksinasi terhitung sejak 11 Januari lalu. “Data per 11 […]

You May Like