Satpol PP Tabalong Tertibkan Pelaku Masalah Sosial

Petugas Satpol PP Tabalong lakukan pembinaan kepada pelaku masalah sosial yang terjaring penertiban (foto: TABIRkota/saadilah)

TANJUNG (TABIRkota) – Satpol PP Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel) lakukan penertiban terhadap pelaku masalah sosisal seperti pedagang asongan, pengemis, badut jalanan, pembersih kaca mobil dan pengamen yang biasa beroperasi di persimpangan lampu lalu lintas, Rabu (12/1).

Kasatpol PP dan Damkar Tabalong, Abdul Halim mengatakan, dari penertiban tersebut pihaknya berhasil mengamankan delapan orang yang ditengarai telah mengganggu ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, khususnya di persimpangan saat lampu merah menyala.

“Delapan orang tersebut terdiri dari lima anak-anak dan tiga dewasa yang saat diamankan tengah beraktivitas sebagai pedagang asongan, pengemis, badut jalanan, pembersih kaca mobil dan pengamen,” katanya.

Menurutnya, penertiban dilakukan mengacu pada Perda Nomor 8 tahun 2018 tentang Penyelenggaraaan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

“Anak-anak yang terjaring pada penertiban tersebut memang warga Tabalong sedangkan tiga orang dewasa berasal dari luar Tabalong,” ujarnya.

Ia menambahkan, anak-anak yang terjaring diserahkan ke Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong (DP3AP2KB) dan para orang tua yang bersangkutan akan dipanggil.

“Sedangkan tiga orang dewasa yang berasal dari luar Tabalong akan dikoordinasikam dengan Dinas Sosial untuk selanjutnya dipulangkan ke daerah asal,” tambahnya.

Kedepannya, Pemkab Tabalong akan melakukan penertiban secara rutin mengingat menjamurnya pelaku masalah sosial di jalan raya.

Waktu pelaksanaannya akan bersifat tentatif dan bagi yang membandel akan diamankan untuk dilakukan pembinaan. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banjarmasin to Use Zoning, Radius System in Handling of Fires

Rab Jan 12 , 2022
BANJARMASIN (TABIRkota) – The Government of Banjarmasin City will use the so-called zoning or radius system to deal with fires in the capital of South Kalimantan. The zoning or radius method is considered to be the most effective system compared to other ones. “A fire department which is situated closest […]

You May Like