Enam Tahun Menunggu, Gapoktan Maju Bersama di Karasikan Akhirnya Miliki Lumbung Pangan

Bupati HSS, Achmad Fikry bersama Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad meninjau Lumbung Pangan di Desa Karasikan usai meresmikan sarana tersebut, Selasa (21/12). Lumbung Pangan diusulkan sejak 2015 lalu dan baru dibangun menggunakan DAK 2021 (foto: TABIRkota/prokopim setda hss)

KANDANGAN (TABIRkota) – Setelah menunggu enam tahun lamanya, Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Maju Bersama di Desa Karasikan, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) akhirnya memiliki Lumbung Pangan.

Lumbung Pangan yang dibangun menggunakan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 tersebut, telah diresmikan Bupati HSS, Achmad Fikry, Selasa (21/12).

Menurut Bupati, pembangunan Lumbung Pangan merupakan usulan dari masyarakat sejak 2015 lalu.

“Namun baru terealisasi 2021, karena untuk mendapatkan dana DAK ini masyarakat harus terlebih dahulu menghibahkan tanahnya,” ujarnya.

Alokasi DAK untuk pembangunan Lumbung Pangan dan sarana pendukungnya berupa lantai jemur, Rice Milling Unit (RMU) dan Rumah RMU.

Bupati mengatakan, Lumbung Pangan sebagai tempat menyimpan padi menunggu harga jual tinggi.

“Apalagi dengan konsep diolah menjadi beras dulu baru dijual, akan semakin tinggi nilai jualnya,” katanya.

Apa yang telah diberikan pemerintah, tambahnya, hendaknya dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik.

“Apalagi Lumbung Pangan ini digunakan untuk penggilingan padi, maka masalah tarif dan segala ketentuan lainnya hendaknya dibicarakan dengan kolompok tani lainnya,” tambahnya.

Selain telah diresmikannya Lumbung Pangan, Pemkab HSS melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat juga telah melakukan penanda tanganan kerja sama dengan Ojek and Food Kandangan untuk pendistribusian bahan pangan pokok Toko Tani Indonesia (TTI).

 Kerja sama bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam berbelanja, dimana cukup meng-klik aplikasi atau mengirimkan pesan melalui Whatapps ke Ojek Food Kandangan untuk berbelanja di TII. (aca)

Sumber: prokopim setda hss

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Belanja di TII Tinggal Klik

Sel Des 21 , 2021
Post Views : 167 BACA JUGA:  Seluruh Wilayah HSU Terendam Banjir, BPBD Tunggu SK Status Darurat

You May Like