Setengah Bulan Lebih Terendam, 535 Rumah Terdampak Banjir di Daha Selatan

Banjir menggenangi wilayah Daha sudah lebih dari setengah bulan (foto: TABIRkota/firman)

KANDANGAN (TABIRkota) – Sudah setengah bulan lebih, wilayah Daha yang terdiri dari Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Daha Utara di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) terendam banjir.

Untuk wilayah Kecamatan Daha Selatan saja, tercatat banjir telah merendam sedikitnya 535 rumah warga di 12 desa.

Menurut Camat Daha Selatan, Nafarin di Nagara, ibu kota Daha, Minggu (19/12), pendataan terus dilakukan terkait dampak banjir.

“Data sementara 12 desa di Daha Selatan terendam banjir dan 535 rumah warga terdampak. Seperti tahun-tahun sebelumnya, diperkirakan kondisi seperti ini akan berlangsung hingga berbulan-bulan,” ujarnya.

Dalam satu minggu terakhir, kondisi air di wilayah Daha terus mengalami kenaikan hingga merendam beberapa ruas jalan utama dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter lebih.

Ia mengatakan, bagi warga yang telah terdata, akan diajukan ke Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan.

“Beberapa warga terdampak banjir sudah ada mendapat bantuan dari beberapa lembaga dan organisasi masyarakat,” katanya.

Banjir yang menggenangi wilayah Daha, tambahnya, selain disebabkan pasang surut air, juga karena luapan sungai Barito dan kiriman dari kabupaten lain di Kalsel yang berada di daerah yang lebih tinggi.

“Saat ini ketinggian air di dalam rumah bervariasi antara 10 hingga 20 centimeter sehingga warga terpaksa membuat semacam balai-balai atau lantai tambahan yang lebih tinggi,” tambahnya.

Atas kondisi tersebut, banyak dari warga di Daha Selatan, Barat dan Utara secara swadaya membangun jembatan darurat sebagai jalan alternatif agar bisa dilalui kendaraan roda dua. (man)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

273 Atlet Ikuti Kejurprov Panahan di HSS

Ming Des 19 , 2021
KANDANGAN (TABIRkota) – Sebanyak 273 atlet dari kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel) ikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Panahan 2021 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Ketua Pelaksana Kejurprov Panahan 2021, Yuseran Fauzi mengatakan, ajang yang diselenggarakan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) HSS tersebut, dilaksanakan enam hari sejak 18 hingga 23 Desember mendatang. “Kejurprov […]

You May Like