Mediasi Dengan Buruh, DPRD Tabalong Janji Panggil Perusahaan dan Instansi Terkait

TANJUNG (TABIRkota) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong berjanji akan segera memanggil pihak perusahaan dan instansi terkait perihal tujuh tuntutan yang disampaikan para buruh pada aksi damai di halaman gedung dewan tersebut, Senin (6/12).

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa usai melakukan mediasi dengan sepuluh perwakilan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Minyak Gas, dan Umum (FSP KEP) Tabalong.

Mediasi antara DPRD Tabalong dengan sepuluh perwakilan FSP KEP

“Terkait tuntutan yang berhubungan dengan PT Adaro Indonesia dan PT SIS, secepatnya akan kita koordinasikan,” ujarnya.

Pihak DPRD Tabalong juga akan membentuk Badan Musyawarah untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi tuntutan para buruh.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC FSP KEP Tabalong, Sahrul S mengatakan, pihaknya mengapresiasi sambutan dan tanggapan dari pihak DPRD setempat.

“Ahlamdulillah pihak DPRD Tabalong sudah berjanji untuk memfasilitasi semua dan mencarikan solusi terbaik,” katanya.

Menurutnya, dari tujuh tuntutan para buruh, point keempat terkait pelatihan kerja sesuai kebutuhan perusahaan, menjadi perhatian lebih.

“Apabila hal tersebut bisa dilaksanakan, putra putri Tabalong akan memiliki keahlian sehingga tidak ada perusahaan untuk menolak,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait sanksi lubang enam tidak boleh masuk kerja di wilayah Adaro selama lima tahun, hal tersebut terlalu lama sehingga perlu dilakukan revisi agar hukumannya dikurangi.

“Selama lima tahun kita tidak bisa bekerja di wilayah tambang PT Adaro, itu kelamaan,” tambahnya.

Jika nanti dari pihak perusahaan tidak ada win-win solution, FSP KEP Tabalong mengancam akan kembali melakukan aksi turun ke jalan. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkab Barut Rencanakan Undang UAS Saat Peresmian Islamic Center

Sen Des 6 , 2021
MUARA TEWEH (TABIRkota) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara (Barut) rencananya akan mengundang Ustadz Abdul Somad atau UAS saat peresmian gedung Islamic Center yang dijadwalkan pada April 2022 mendatang. Hal tersebut disampaikan Bupati Barut, H Nadalsyah saat serah terima tanah waqaf dan bangunan kepada Pondok Pesantren (Ponpes) Yasin di Muara […]

You May Like