Terendam Air Hampir Dua Meter, Warga Juai di Balangan Bangun “Karampatai” di Dalam Rumah

PARINGIN (TABIRkota) – Terendam banjir bandang sedalam nyaris dua meter, warga Desa Juai di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, terpaksa harus membangun “karampatai” di dalam rumah untuk mengamankan barang-barang dan tempat tidur, Senin (29/11).

Seorang warga Juai, Adi, mengatakan, “karampatai” adalah lantai tambahan atau lantai bertingkat seperti balai-balai tinggi yang dibangun di dalam rumah.

“Selain untuk mengamankan barang-barang, warga yang tidak mengungsi bisa tidur di atas karampatai,” katanya.

Hujan deras mengguyur wilayah  Balangan sejak Sabtu (27/11) malam, menyebabkan enam kecamatan terendam banjir bandang, masing-masing Kecamatan Halong, Juai, Awayan, Tebing Tinggi, Paringin dan Batumandi.

Pantauan di lapangan, Ahad (28/11) pagi luapan air sungai mulai menggenangi pemukiman warga di Desa Juai dan sekitar pukul 23.00 Wita saat hujan mulai reda, seluruh desa sudah rata dengan air dengan kedalaman hingga sedada orang dewasa.

Menurut Adi, pada Senin (29/11) warga Desa Juai berbondong-bondong mendatangi toko sembako untuk membeli kebutuhan pangan meski toko yang didatangi juga terendam banjir.

“Ketinggian air pada banjir kali ini hampir sama dengan banjir bandang pada Januari lalu,” ujarnya.

Dibeberapa lokasi, tambahnya, kedalaman air mencapai 2 meter.

“Tinggi badan saya 165 cm, tadi saat membagikan nasi, ada beberapa lokasi yang kaki saya tidak bisa menginjak tanah, artinya kedalaman air paling tidak 2 meteran,” tambahnya.

Bantuan pangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat baru tiba di Desa Juai pada Senin (29/11) sekitar pukul 16.00 Wita.

Lambatnya bantuan dari Pemkab ditengarai karena medan yang tertutup banjir cukup dalam sehingga menyulitkan pendistribusian serta banyaknya lokasi yang harus didatangi. (dri)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Satreskrim Polres Barut Bekuk Maling Spesialis Trail

Sel Nov 30 , 2021
MUARA TEWEH (TABIRkota) –  Satuan Reskrim Polres Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng), berhasil membekuk dua pencuri spesialis sepeda motor trail yang beraksi di Kota Muara Teweh. Kapolres Barut, AKBP Dodo Hendro Kusuma melalui Kasatreskrim, AKP M Tommy Palayukan  mengatakan, penangkapan kedua pecuri tersebut bermula dari laporan warga yang kehilangan […]

You May Like