Adi Obat yang Ogah Istirahat

“AMUN nang “anu” tu kada mau “anu” ngini ubatnya (Kalau yang “anu” tuh tidak mau “anu”, ini dia obatnya),”

Kalimat menggelitik itu terdengar cukup nyaring dari sebuah pengeras suara. Membuat para pengunjung Pasar Jumahat Bagambir, Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tertarik untuk paling tidak menengok ke sebuah lapak kecil, asal kalimat itu terdengar.

Dody Rusian, alias Adi Obat, penjual obat tradisional di Pasar Bagambir (foto: TABIRkota/Julak Dillah)

Kalimat bernada propaganda tersebut diteriakkan Dody Rusian, saat mempromosikan dagangannya, salah satu jenis obat herbal untuk kejantanan kaum lelaki.

Dody Rusian, warga Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) itu seorang penjual obat herbal di Pasar Tradisional Bagambir. Mungkin itulah sebabnya, ia lantas akrab disapa Adi Obat.

Beragam obat tradisional dijual Adi Obat. Mulai dari obat kejantanan kaum lelaki, penangkal diabetes atau kencing manis, asam urat, tekanan darah tinggi serta obat-obatan untuk penyakit orang berumur lainnya.

Menurut Adi Obat, saat ini ia berjualan obat tradisional hanya sekedarnya saja.

“Kalau dulu waktu masih muda, saya berjualan obat dari satu pasar ke pasar lain di Kalsel menggunakan tenda besar,” ujarnya bercerita.

Sejak usia 40 tahun, kata Adi, ia tak lagi berjualan menggunakan tenda besar.

“Seadanya saja,” kata pria yang tampak masih energik diusia 65 tahun itu.

Sebenarnya, istri Adi, Hj Ifah yang berjualan pakaian, memintanya untuk istirahat dari bisnis obat tradisional itu. Maklum, faktor usia yang sudah semakin tua.

“Rasanya kada nyaman mun kada bajualan. Tabiasa kaya ini (Rasanya tak enak bila tidak berjualan. Terbiasa (berjualan, red) begini),” ujar Adi Obat yang selagi muda sering merantau menjelajah kota-kota di Kalimantan Timur (Kaltim) seperti Samarinda, Balikpapan dan Berau. (julak dillah)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kota Barabai Kembali Terendam, Aktivitas Perekonomian di Pasar Nyaris Lumpuh

Sab Nov 27 , 2021
BARABAI (TABIRkota) – Kota Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kembali terendam banjir bandang hingga menyebabkan aktivitas perekonomian di pasar setempat, nyaris lumpuh. Kondisi terkini, Sabtu (27/11) banjir bandang merendam kawasan Jalan Pasar I, Pasar II dan Pasar III. Salah seorang warga Kota Barabai, Mohammad Abidzar Al Kahfi mengatakan, […]

You May Like