Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Sabtu 20 November 2021, Kalsel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

JAKARTA (TABIRkota) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk hari ini, Sabtu 20 November 2021.

Dalam laman resmi BMKG disebutkan 29 wilayah di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan (Kalsel) berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

BMKG menyebutkan, hari ini akan terjadi sirkulasi siklonik yang terpantau di Thailand Selatan bagian barat, di Laut Cina Selatan utara Kalimantan, di Samudera Pasifik timur Filipina, di Samudera Hindia selatan Banten dan di Laut Seram bagian barat.

Selain itu kondisi ini juga membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Semenanjung Malaysia hingga Thailand bagian selatan, di Selat Malaka bagian utara, di Laut Cina Selatan, di Samudra Pasifik utara Papua, dari Samudra Hindia barat Banten hingga selatan Jawa Barat, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga selatan Banten dan dari perairan barat Papua Barat hingga Laut Banda.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Bengkulu hingga Selat Karimata, dari Laut Banda hingga Teluk Bone, dari perairan selatan Papua hingga Kep. Aru, dan di Papua.

Hal ini menyebabkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Selain Kalsel, wilayah lain di Indonesia yang juga berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang menurut BMKG masing-masing Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua. (ist/RA)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

South Kalimantan Wins First Two Gold Medals in Sport Climbing after 20-Year Wait

Sab Nov 20 , 2021
BANDA ACEH (TABIRkota) – South Kalimantan’s sport climbers Zaskia Al Zahra and Siti Noor Hemdi Salamah Syahputri have given two gold medals to the province in sport climbing, ending a wait of nearly 20 years, on Sunday (November 20). Both Zaskia and Siti won the gold medals in the “25th/2021 […]

You May Like