Peringatan Dini BMKG, Minggu 14 November 2021, Kalsel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

JAKARTA (TABIRkota) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk besok Minggu, 14 November 2021.

Dalam laman resmi web.mateo.bmkg.go.id disebutkan, 32 wilayah, termasuk Kalimantan Selatan (Kalsel) berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Melalui laman resminya BMKG menyebutkan, bibit Siklon Tropis 92B terpantau di sekitar wilayah Thailand.

Sirkulasi Siklonik disebutkan terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten, perairan Maluku Utara dan di Laut Cina Selatan sebelah utara Kalimantan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Banten, perairan Maluku Utara sebelah selatan dan dari Maluku hingga Papua Barat.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Pulau Pagai hingga dekat Pulau Enggano, dari Jambi hingga sebelah utara Belitung, dari perairan selatan Banten hingga pesisir utara Subang, perairan selatan Yogyakarta hingga perairan utara Jawa Timur sebelah barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Timur sebelah selatan.

Kemudian dari Laut Sulawesi sebelah timur Kalimantan Utara hingga Sulawesi Tengah, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tenggara, dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tenggara, dari Nusa Tenggara Timur hingga Laut Banda, dan dari Papua bagian tengah dekat perbatasan Papua Nugini hingga Papua bagian utara.

Kondisi tersebut menurut BMKG, dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah-wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat, yang berpotensi disertai kilat atau petir dan angina kencang, masing-masing Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.

Kemudian Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. (RA)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tasting Different Types of Kandangan's Lamang

Ming Nov 14 , 2021
Author: Firman LAMANG is staple food made from glutinous rice and coconut milk and cooked in bamboo pieces. A piece of bamboo which is used to make lamang measures between 40 and 60 centimeters long and roughly five cm wide. Lamang becomes one of popular Malay cuisine, and can be […]

You May Like