Edukasi Masyarakat Bantaran Sungai, Jelajah Tabalong Kembali Gelar Bamasung 3

TANJUNG (TABIRkota) – Komunitas Jelajah Tabalong di Kabupaten Tabalong akan kembali menggelar aksi bersih sungai yang bertajuk Balarut Maharagu Sungai (Bamasung) ke-3 tahun 2021 untuk mengedukasi masyarakat bantaran sungai agar menjaga kelestarian air.

Menurut Ketua Pelaksana Bamasung, Haris Fadillah, kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama dua hari, dari 27 hingga 28 November mendatang.

“Kegiatan tersebut merupakan bentuk edukasi untuk menyadarkan masyarakat agar membudayakan buang sampah pada tempatnya, menjaga kelestarian air dan mungurangi dampak pencemaran sungai Tabalong,” ujarnya di Tanjung, ibu kota Tabalong, Rabu (10/11).

Peserta Bamasung berasal dari komunitas pencinta alam dan komunitas sosial di Tabalong.

Agenda Bamasung ke-3 kali ini, katanya,  turut dijadikan ajang perlombaan dengan kriteria Lanting Terbaik dan mengumpulkan sampah  terbanyak.

“Kegiatan Bamasung tidak hanya mengarungi sungai, tetapi juga mengajak peserta melakukan penanaman bibit pohon, perang sampah dan kampanye pelestarian sungai,” katanya.

Ia menambahkan, rute kegiatan dimulai dari aliran sungai Tabalong di Teluk Dalam, Kelurahan Sulingan menuju Kecamatan Murung Pudak  hingga Desa Pudak Setegal, Kecamatan Kelua dengan jarak kurang lebih 30 kilometer.

“Kami tahun ini memulai dengan rute yang berbeda dari tahun sebelumnya dan sesuai permintaan Bupati harus melewati pasar Kalua, sehingga kita mengambil inisiatif untuk finish di Pudak Setagal yang hanya berjarak sekitar 200 meter dari pasar,” tambahnya.

Pada pelaksanaannya, Bamasung diselenggarakan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Tabalong. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Banyu Tajun Masih "Calap"

Rab Nov 10 , 2021
Post Views : 397 BACA JUGA:  Bupati HST Fight Cup 2023, Atlet Muaythai dan Tinju Amatir se-Banua Anam “Bahantam” di Lapangan Dwi Warna

You May Like