Dishub dan Sat Lantas Polres Tabalong Lakukan Hal Ini Kepada Truk Dealer Untuk Kurangi Kerusakan Jalan Akibat ODOL

TANJUNG (TABIRkota) – Guna mengurangi kerusakan jalan yang disebabkan truk angkutan barang Over Dimension and Over Loading (ODOL), Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tabalong bersama Sat Lantas Polres setempat sosialisasikan aturan dimensi kendaraan ke beberapa truk dealer.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong, Tumbur P Manalu, kegiatan tersebut lebih kepada sosialisasi mengenai standarisasi demensi bak kendaraan bermotor.

“Tujuan awal sosialisasi ini sesuai dengan surat edaran Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI tentang zero ODOL,” ujarnya di Tanjung, ibu kota Tabalong, Kamis (28/10).

Ia mengatakan, sebelum memulai kegiatan sosialisasi pihaknya melakukan rapat koordinasi bersama Sat Lantas Polres Tabalong di Kantor Dishub setempat.

“Setelah itu baru dilakukan kegiatan sosialisasi secara external yaitu ke dealer-dealer resmi ataupun bengkel-bengkel kendaraan,” katanya.

Dengan sosialisasi tersebut, tambahnya, diharapkan pihak dealer dan calon pembeli berpartisipasi dalam ketentuan standar demensi bak kendaraan bermotor.

“Disini kita berikan cuma-cuma semacam banner mengenai standarisasi dimensi bak kendaraan bermotor, khususnya untuk roda enam,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Balai Pengujian Kendaraan Dishub Tabalong, Makarius Djatmiko menjelaskan, terkait aturan standar dimensi kendaraan sesuai dengan jenis truk.

“Untuk dimensi dump truck PS, truk yang biasa, itu tinggi baknya 70 centimeter tapi untuk yang light truck yang bukan dump, bisa sampai 1,2 meter,” katanya.

Hal tersebut, ujarnya, karena kecenderungan angkutan kendaraan light truck yang bukan dump merupakan barang curah dengan berat jenis tinggi.

“Seperti misalnya semen atau material sirtu, batu dan lain-lain dengan berat jenis yang tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk jenis truk box, barang angkutan yang dibawa lebih tinggi dan cenderung ringan.

“Jadi ini memang sudah program dari Kemenhub RI dalam rangka menyongsong penerapan zero ODOL pada 2023 mendatang,” tambahnya.

Menyongsong zero ODOL, Dishub Tabalong akan melakukan penertiban pada kententuan over dimensi atau angkutan yang tidak sesuai dengan standar. (saa)

Silahkan Bagikan / Share :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Miliki 0,73 Gram Sabu, Nadi Diamankan Polisi

Kam Okt 28 , 2021
MUARA TEWEH (TABIRkota) – GN (49) alias Nadi, warga Desa Batu Raya I RT 03 RW 02 Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara (Barut) diamankan petugas kepolisian setempat karena kedapatan miliki sabu seberat 0,73 gram. Kapolres Barut, AKBP Dodo Hendro Kusuma melalui Kasat Narkoba, AKP Slameto mengatakan, pelaku diamankan di […]

You May Like